Jakarta¬†–

Wagyu A5 trending di Twitter (20/7) lantaran netizen berharap dapat daging premium ini saat Idul Adha. Sebenarnya apa sih wagyu A5? Seperti apa keistimewaannya?

Membicarakan daging sapi terenak di dunia, tak bisa meninggalkan wagyu yang sangat populer. Daging sapi yang berasal dari Jepang ini menjadi menu premium di banyak restoran steak atau shabu-shabu.

Harganya selangit, namun sepadan dengan kualitasnya. Pasalnya wagyu berasal dari jenis sapi khusus yang mendapat sejumlah treatment istimewa selama dibesarkan peternak.

Wagyu kemudian dikelompokkan dengan kode huruf dan angka tertentu. Jenis yang paling terkenal adalah wagyu A5.

Banyak chef, selebgram, dan TikToker di Indonesia lantas menunjukkan momen mereka makan atau masak wagyu A5. Mereka mendeskripsikan tekstur dan rasa wagyu ini sangat istimewa. Tak heran banyak netizen Indonesia ikut penasaran dengan wagyu A5.

Sebenarnya apa maksud kode A5 pada wagyu? Bagaimana cita rasa wagyu A5? Seperti apa cara mengolahnya?

Berikut 5 fakta wagyu A5 seperti dirangkum detikfood dari berbagai sumber:

1. Klasifikasi wagyu

5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy5 Fakta Wagyu A5, Daging Sapi Jepang Premium yang Super Juicy Foto: Getty Images/iStockphoto/vichie81

Di Jepang, wagyu dan daging sapi biasa (Japanese cattle) dijual di supermarket, namun keduanya diberi label berbeda.

Dikutip dari Tsunagu Japan (21/7), Japanese cattle merujuk pada semua sapi yang dipelihara di Jepang. Setiap sapi bisa disebut sapi domestik Jepang selama sebagian besar pemeliharaannya dilakukan di Jepang. Kategori ini mencakup jenis sapi asing seperti Holstein Friesian dan Angus.

Sementara wagyu mengacu pada sapi domestik Jepang dengan garis keturunan dan jenis khusus. Wagyu bisa diklasifikasikan lebih lanjut menjadi 4 jenis yaitu Og Kuroge (Japanese Black), Akage (Japanese Brown), Ih Nihon Tankaku (Japanese Shorthorn), dan Aku Mukaku (Japanese Polled).

2. Sistem grade wagyu

‘A5’ yang disematkan pada nama wagyu merujuk pada produk wagyu dengan grade teratas. Perlu diketahui, wagyu memang dipasarkan dengan grade tertentu yang penilaiannya didasarkan pada panduan dari Japan Meat Grading Association.

Penggolongan wagyu ini tidak main-main. Kode huruf yang bisa dipakai adalah A, B, dan C. Kode ini menunjukkan proporsi daging yang bisa dimakan dari seekor sapi. Perhitungannya hanya daging saja, setelah organ dalam dan kulit sapi dipisahkan. A menunjukkan proporsi daging paling banyak, sementara C paling sedikit.

Sementara kode angka untuk wagyu ada 1, 2, 3, 4, dan 5. Angka ini menunjukkan kualitas wagyu. Dinilai berdasarkan kriteria marbling (sebaran lemak), warna daging, tekstur daging, dan warna lemak.

5 adalah nilai tertinggi dan nilai terendah dari kriteria yang dipakai akan menjadi penentu nilai akhir sebuah daging. Jadi kalau dari 4 kriteria, sebuah daging sapi mendapat tiga penilaian 5 dan satu penilaian 3, maka kualitas daging itu 3.

Dengan kata lain, wagyu A5 adalah produk wagyu yang paling istimewa. Proporsi dagingnya paling banyak dan kualitasnya juga paling unggul.

Produk ini dijual secara eksklusif, bahkan ada sertifikatnya. Di dalamnya terdapat informasi dari sapi mana wagyu itu didapat. Kapan sapi tersebut lahir dan kapan disembelih.

 

sumber : detik