Chelsea Tunjukkan Cara Mengalahkan Porto, Juventus Wajib Menyimak!

Chelsea Tunjukkan Cara Mengalahkan Porto, Juventus Wajib Menyimak!

LIGAPEDIA -Tidak seperti Juventus, Chelsea tidak menemui kesulitan berarti dalam membendung serangan FC Porto. Meski klub asal Portugal tersebut menghasilkan sejumlah peluang, namun the Blues bisa membawa pulang clean sheet dari Ramon Sanchez Pizjuan. Chelsea dipertemukan dengan Porto dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions hari Kamis (8/4/2021) kemarin. Klub besutan Thomas Tuchel tersebut berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0. Chelsea tujukkan permainan menawan melawan Porto. Mereka tidak menciptakan banyak peluang, bahkan hanya melepas enam tembakan dibanding 12 milik Porto. Kendati demikian, mereka mampu memanfaatkan setiap peluang yang didapatkannya. Gol pertama Chelsea diciptakan oleh Mason Mount saat laga telah berjalan selama 32 menit. Sementara gol keduanya dicetak oleh wing-back asal Inggris, Ben Chilwell, lewat aksi solo gemilang lima menit sebelum pertandingan berakhir.

Chelsea tunjukkan cara yang tepat untuk mengalahkan Porto di laga itu. Sesuatu yang tak mampu dilakukan klub raksasa Italia, Juventus, ketika menghadapi pasukan Sergio Conceicao tersebut di babak 16 besar. Juventus sebenarnya mampu mengalahkan Porto dengan skor 3-2 di pertemuan kedua. Namun, dikarenakan mereka kalah 1-2 pada leg pertama, agregat skor menjadi imbang 3-3 dan Porto berhak melaju ke perempat final karena unggul agresivitas gol tandang. “Porto sudah jelas bisa dikalahkan. Ini adalah laga yang sangat berbeda jika dibandingkan saat mereka menghadapi Juventus,” ungkap eks pelatih Juventus, Fabio Capello, kepada Sky Sport Italia.

Apa yang dilakukan Tuchel patut diperhatikan Andrea Pirlo selaku pelatih Juventus. Dari pantauan Capello, Tuchel mempersiapkan tim dan strateginya dengan baik hingga membuat Porto tak mampu berbuat banyak ketika mencapai kotak penalti the Blues. “Tuchel mempersiapkan timnya dengan baik, pertahanannya luar biasa, tidak membiarkan Porto berbuat banyak, terlepas dari fakta bahwa mereka mencoba untuk mendorong ke depan,” lanjut Capello. “Gol Mason Mount adalah sebuah permata. Tuchel juga mengganti lima pemain jika dibandingkan saat kalah di Premier League akhir pekan lalu. Itu menunjukkan bahwa dia mampu mengendalikan situasi,” pungkasnya. Sebagai informasi, Chelsea menelan kekalahan yang mengejutkan saat bertemu West Brom di ajang Premier League beberapa hari sebelum mengalahkan Porto. Mereka tumbang dengan skor telak 2-5.