Demi Uji Vaksin, 240 Orang di Belanda Rela Tertular Virus Corona!

LIGAPEDIA – Vaksin COVID-19 yang tengah dikembangkan terus melaporkan kabar baik, beberapa di antaranya sudah menunjukkan hasil akhir uji klinis dengan efektivitas 90 persen. Para peneliti di Leiden University juga tengah mempersiapkan pengembangan vaksin COVID-19 mereka.

Namun, uji klinis vaksin COVID-19 potensial mereka rencananya melibatkan ratusan relawan yang merelakan diri ditulari virus Corona COVID-19. Hal ini disebut untuk menunjukkan apakah vaksin COVID-19 yang tengah dikembangkan nantinya efektif.

“Para peneliti di Leiden University Medical Center di Belanda sedang mempersiapkan uji coba potensial ‘tantangan manusia’ di mana sukarelawan sengaja terinfeksi virus corona baru untuk menguji keefektifan kandidat vaksin,” kata kelompok advokasi 1Day Sooner pada hari Rabu.

Disebutkan, ada 240 relawan yang rencananya terlibat dalam uji coba vaksin COVID-19 mereka. Namun, para peneliti di Belanda belum memutuskan untuk melakukan uji coba tersebut karena masih membutuhkan persetujuan.

Bulan lalu, sebuah perusahaan bioteknologi Inggris mengatakan sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan pemerintah Inggris untuk membuat dan menyediakan jenis virus Corona untuk studi tantangan semacam itu. Hingga kini, pihak Pusat Medis UniversitasLeiden belum menjelaskan lebih lanjut atau menanggapi terkait uji klinis vaksinCOVID-19 mereka.

SUMBER: Detik.com