Klaim Bukan Setingan, Ini Sultan yang Beli Nissan March Rp 500 Juta

Jakarta – Arief Muhammad melelang sebuah Nissan March yang kemudian laku terjual di angka Rp 500 juta. Sosok yang nekat membeli Nissan March Arief tersebut adalah seorang pengusaha sukses bernama Mochamad Chandra Kurniawan atau kerap disapa Charock. Arief dan Charock pun mengklaim bahwa lelang Nissan March seharga setengah miliar rupiah tersebut bukan rekayasa atau setingan.
Beberapa waktu lalu, influencer sekaligus pengusaha, Arief Muhammad, melelang sebuah unit Nissan March berwarna putih yang baru selesai direstorasi. Mobil itu awalnya dibeli Arief dari followers-nya yang sedang membutuhkan uang karena terjerat hutang pinjaman online (pinjol). Setelah dibeli dan direstorasi, mobil hatchback itu pun dilelang dan terjual di angka yang cukup tinggi, yakni Rp 500 juta.

Nissan March Arief Muhammad tersebut sempat ditawar oleh beberapa crazy rich seperti Gilang Widya Pramana, Indra Kenz, Doni Salmanan, serta Putra Siregar. Namun penawaran tertinggi Nissan March Arief Muhammad berhasil didapatkan oleh pengusaha Mochamad Chandra Kurniawan. Siapakah dia?

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Arief Muhammad, dijelaskan jika Chandra merupakan sosok pengusaha yang bergerak di bidang kreatif. Dia merupakan founder sekaligus CEO dari CRK Corporation. Salah satu hasil karyanya adalah film Crazy Fast Indonesian 2, yang dibuat bersama Premiere Works dan Ikatan Motor Indonesia. Dan baru-baru ini, Chandra juga membeli sebuah klub sepakbola asal Pulau Kalimantan yang berpartisipasi di Liga 1.

Ia pun menjelaskan alasan membeli Nissan March bekas seharga Rp 500 juta. “Ketika orang melihat kenapa gua akhirnya menghargai ini di harga Rp 500 juta adalah bukan untuk harga sebuah mobil ini, tapi gua meng-appreciate sebuah karya Youtuber nasional. Dan ini sebuah analogi Rp 500 jutanya, pertama beliau sudah membantu seseorang yang merasa kesusahan selama pandemi ini,” ujar Chandra dalam video “Ini Dia Pembeli Nissan March Setengah Miliar”, yang diunggah di akun YouTube Arief Muhammad.

“Kedua gua bisa memberi apresiasi kepada Youtuber untuk terus berkarya, dan ketiga duitnya itu ternyata beliau akan melakukan satu hal lagi (yakni membeli mobil bekas lagi dari followers-followersnya yang sedang membutuhkan uang-Red),” sambungnya.

Sebagai bukti bahwa proses lelang ini bukan merupakan setingan, di akhir video tersebut Chandra memberikan uang tunai Rp 500 juta dalam sebuah plastik hitam kepada Arief Muhammad, sebagai uang pembelian Nissan March tersebut.

“Kalau misal ada yang bilang setingan ya. Gua nggak mungkin bisa seting mas Gilang, Indra Kenz, Doni Salmanan, Putra Siregar, jadi nggak lah. Ini mungkin nggak berhenti sampai di sini juga, ini uangnya akan gua pakai lagi buat project-project berikutnya dan mungkin gua akan bikin kegiatan sosial juga dengan uang ini,” kata Arief.

sumber detik