Samsung Siapkan Ponsel 5G Termurah, Harga Rp 2 Jutaan

LIGAPEDIA – Rencana Samsung membuat ponsel 5G murah telah terendus publik. Disinyalir Samsung Galaxy A22 disiapkan sebagai ponsel ‘rakyat’ dengan dukungan 5G.

Dikutip detikINET dari Tech Radar, Senin (4/1/2020) Samsung sedang berupaya memasukkan teknologi 5G ke Galaxy A22. Smartphone tersebut kabarnya nanti akan dilego seharga USD 180 atau setara Rp 2,497 juta (kurs Rp 13.875/USD). Jika benar, maka berpotensi menjadi ponsel 5G termurah.

Membuat smartphone 5G berharga terjangkau merupakan strategi Samsung untuk bersaing dengan manufaktur ponsel China, seperti Xiaomi dan Realme yang kemungkinan pada tahun ini akan menggelontorkan HP 5G murah ke pasaran dunia.

Maka, Galaxy A22 disiapkan sebagai opsi bagi konsumen yang ingin mendapatkan konektivitas jaringan lebih cepat di ponsel pintar yang ramah kantong.

Sejauh ini, belum ada informasi detail mengenai spesifikasi lengkap dari Galaxy A22 5G. Tapi, ada bocoran kalau ponsel 5G murah tersebut bakal dirilis pada akhir 2021.

Melihat dari proporsi harga jualnya, kemungkinan Samsung Galaxy A22 akan hadir dengan fitur dan teknologi biasa, di samping dukungan 5G. Perlu digarisbawahi pula, Galaxy A22 5G kemungkinan hanya dijual di negara-negara tertentu yang dilihat Samsung sebagai pasar yang tepat untuk melepas produk tersebut.

Di Indonesia, smartphone dengan konektivitas 5G dijual dengan rentang harga Rp 7 jutaan ke atas. Jika masuk Indonesia dengan harga Rp 2-3 juta, Samsung Galaxy A22 bisa menjadi smartphone 5G paling terjangkau.

Seiring masifnya jaringan 5G di berbagai negara, memang tahun ini diprediksi harga HP-nyamakin murah. Dukungan kuat juga diberikan pada produsen chip seperti Qualcomm. Pada IFA 2020 Berlin, Qualcomm merilis chip Snapdragon 4 yang sudah 5G ready, sebagai jeroan ponsel 5G murah. Harga smartphone yang memakainya mungkin antara USD 125 sampai USD 250.

“Chip ini akan memenuhi janji untuk membuat 5G dapat diakses untuk semua pengguna smartphone,” kata Presiden Qualcomm, Cristiano Amon. Ponsel 5G murah pun tinggal menunggu waktu.

SUMBER: Detik.com