Semegah Camp Nou & San Siro, Jakarta International Stadium (JIS) Borong Tiga Rekor MURI

Stadion baru ini rencananya akan menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang.
Jakarta International Stadium (JIS) memperoleh tiga rekor sekaligus dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada pekan ke-100 pembangunannya.

Serah terima penghargaan dilakukan secara virtual dalam sebuah webinar bertajuk “Satu Atap Satu Bangsa #StadionKita” pada Rabu (28/7) malam lalu.

Adapun ketiga rekor yang dianugerahkan kepada JIS adalah lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat, yaitu 3900 ton, stadion pertama di Indonesia yang menggunakan sistem atap buka-tutup, serta stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.

Mengenang Skuad Peraih La Decima Real Madrid 2014, Di Mana Mereka Sekarang?
Jadwal Sepakbola Olimpiade 2020 (2021), Hasil, Grup & Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola TV Indonesia Hari Ini – Nonton Bola Live Malam Ini (Olimpiade 2020, Liga Inggris, Liga Champions, Liga Italia, Liga 1 & Lainnya)
“JIS menjadi stadion di Asia pertama yang mendapatkan sertifikasi [platinum] itu,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Perseroda) alias Jakpro, Nadia Diposanjoyo.

Jakpro sendiri bertindak selaku project owner dan menjalin kerja sama operasi dengan beberapa perusahaan kontruksi, yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE), PT Jaya Konstruksi (JAKON), dan PT Pembangunan Perumahan (PP) Tbk.

Mereka berkomitmen menuntaskan pembangunan stadion berstandar FIFA yang memiliki kapasitas 82 ribu penonton ini.

Yang membanggakan, JIS masuk ke dalam daftar sepuluh stadion termegah dunia menurut laporan media Inggris Daily Mail pada Februari silam.

JIS menempati urutan kesepuluh setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

sumber : goal