Xiaomi Mi 11 Ada 2 Versi, Beserta dan Tanpa Charger

Gambar kotak penjualan Mi 11

Xiaomi baru saja meluncurkan lini ponsel flagship terbarunya, Mi 11 untuk pasar China, Senin (28/12/2020). Bersamaan dengan peluncuran ini, Xiaomi juga mengumumkan akan menyediakan dua opsi pembelian untuk ponsel Mi 11.
“Pengumuman tidak disertakannya charger dalam kotak pembelian itu ditujukan untuk pasar China daratan.
Xiaomi akan menawarkan dua versi penjualan,” kata Xiaomi dalam pernyataan kepada AndroidAuthority, dirangkum KompasTekno, Selasa (29/12/2020).

Dua opsi yang disediakan Xiaomi adalah, ponsel Mi 11 tanpa charger, dan Mi 11 yang disertai charger GaN 55 Watt terpisah, yang dijual sebagai bundling. Xiaomi mengonfirmasi bahwa kedua opsi tersebut dipatok dengan harga yang sama. Hal itu juga disampaikan Xiaomi dalam acara peluncuran Mi 11 Senin (28/12/2020) malam.

Xiaomi memberi dua opsi pembelian Mi 11, yaitu dengan atau tanpa charger. Keduanya dijual dengan harga yang sama.
Meski demikian, belum diketahui apakah opsi bundling charger tersebut juga akan ditawarkan Xiaomi saat Mi 11 dijual ke pasar global atau tidak, termasuk di Indonesia. Sebelum perilisan, CEO Xiaomi, Lei Jun, lebih dulu mengabarkan bahwa ponsel flagship teranyar ini tidak akan menyertakan charger di kotak penjualan. Lei Jun mengatakan bahwa pabrikan asal China itu sengaja menghilangkan aksesori tersebut dengan alasan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Alasan yang sama dikemukan Apple saat merilis iPhone 12.

“Sebagai tanggapan atas seruan kepedulian lingkungan, Xiaomi 11 menghilangkan charger yang disertakan,” tulis Jun di akun media sosial Weibo miliknya, pada Sabtu (26/12/2020).